Dua Pekan, Tangkap 156 Tersangka Narkoba dan 8 Ons Sabu

SURABAYA-Surabaya masih menjadi lapak yang menjanjikan bagi para pengedar narkoba. Hal ini terlihat dari tingginya hasil pengungkapan yang dilakukan oleh Satresnarkoba dan jajaran Polrestabes Surabaya. Sebab hanya dalam dua pekan, polisi mampu mengamankan sekitar 8 ons sabu-sabu (SS).

Tidak hanya SS, sejumlah narkoba jenis lain juga berhasil diamankan. Di antaranya adalah 126 butir pil ekstasi, 8,7 gram ganja, dan 29.394 butir pil dobel L. Barang bukti lainnya adalah ponsel, alat isap (bong), timbangan elektrik, pipet kaca, plastik klip, kartu ATM, sedotan plastik, tas, dompet, buku catatan, tusuk gigi, sekop kecil, lilin, dan uang tunai senilai Rp 3.741.000. Sejumlah barang bukti tersebut dibeber di halaman Mapolrestabes Surabaya, Selasa (22/2).

satria n/raya
PERANG LAWAN NARKOBA: Kapolrestabes Surabaya Kombespol Mohammad Iqbal di tengah-tengah 156 tersangka kasus narkoba.

Kapolrestabes Surabaya Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Mohammad Iqbal menjelaskan, jumlah narkoba tersebut merupakan hasil pengungkapan kasus selama dua pekan terakhir atau selama Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2017. Setidaknya terdapat 112 kasus narkoba berhasil diungkap.

"Kegiatan ini dilakukan tidak hanya Polrestabes Surabaya, melainkan jajaran Polda Jatim lain hingga Mabes Polri," ungkapnya saat memimpin rilis hasil anev tersebut.

satria n/raya
   DISITA: Barang bukti yang diamankan berupa sabu, ganja, ekstasi dan double L.

Iqbal juga menjelaskan jika diperinci dari 112 kasus tersebut, sebanyak 39 kasus berhasil diungkap Polrestabes Surabaya. Sedangkan sisanya yakni 73 kasus diungkap polsek jajaran. Sedangkan tersangka yang berhasil diamankan adalah 156 orang yang terdiri dari 149 laki-laki dan 7 perempuan.

"Dari jumlah tersangka itu sebanyak 129 orang pengguna atau pemakai, sisanya yakni 27 orang adalah pengedar," terang mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini.

Perwira yang juga mantan kapolres Gresik dan Sidoarjo ini juga mengatakan dari sejumlah kasus yang sudah disebutkan, terdapat 15 kasus yang sudah menjadi target operasinya. Sedangkan kasus lain merupakan kasu baru hingga pengembangan.

"Hal ini berkat kinerja Polrestabes Surabaya dan jajaran yang selalu berkomitmen untuk memberantas narkoba di Surabaya," jelasnya.

Iqbal juga menambahkan, meski hasil pengungkapan kasus kali ini cukup membanggakan, namun perang melawan narkoba tidak hanya berhenti begitu saja. Sebab pihaknya akan terus mengembangkan untuk membuka jaringannya. Bahkan bila perlu, akan di-back up Polda Jatim dan bahkan Mabes Polri.

"Ini adalah komitmen Polri dan seluruh kementerian dan lembaga untuk perang terhadap narkoba. Tujuan kami adalah untuk melindungi generasi muda bangsa dari bahaya narkoba," tandas Iqbal.(*/no)

Share on Google Plus

About Arek Lumajang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar