Hari ini, 37.730 Siswa SMA/MA/SMK Ikuti UNBK

*) Mendikbud Sidak ke Surabaya

SURABAYA-Tahun 2016 ini, Surabaya menjadi pelopor pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Indonesia. Sebab, sebanyak 254 SMA/MA dan SMK atau sekitar 37.730 siswa seluruh sekolah di Kota Pahlawan ini mengerjakan ujian nasional (UN) dengan sarana komputer. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan sangat mengapresiasi dan rencannya akan menggelar sidak bersama Gubernur Jatim Soekarwo.

Sejak menjabat menjadi mendikbud tahun 2015 lalu, kali pertama Anies Baswedan menggelar kunjungan ke Surabaya. “Kehadirannya memang untuk melihat pelaksanaan UNBK di Surabaya. Karena Surabaya merupakan kota yang seluruh sekolahnya mengikuti UNBK,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik)  Jawa Timur, Saiful Rachman ketika dihubungi Radar Surabaya, kemarin (3/4).

                                                                                hany/raya
                               LATIHAN: Para siswa SMAN 2 Surabaya melakukan 
                                simulasi UNBK, beberapa hari lalu

Tahun ini memang menjadi sejarah dalam pendidikan di Indonesia. Kali pertama, Kemendikbud menggelar UNBK secara serentak. Menariknya, Surabayalah yang mengikutkan seluruh sekolahnya dalam UNBK. Total SMA/MA/SMK di Surabaya mencapai 254 lembaga yang mengikuti UNBK. Rinciannya, 137 SMA dengan 18.043 siswa. Sedangkan, 16 MA dengan 1.341 siswa kemudian 101 SMK dengan jumlah siswa mencapai 18.346 orang. Dari total 254 sekolah tersebut hanya 9 sekolah yang menggabung dengan sub rayon maupun sekolah terdekatnya. Artinya, sebanyak 245 sekolah menggelar UNBK secara mandiri atau di sekolahnya masing-masing.

Sekolah yang menggabung itu adalah SMA Kemala Bhayangkara menggabung di (SMPN 5 Surabaya), SMA Kusuma Negara (di SMA Nur Hidayat, SMA Lil Wathon (SMAN 8 Surabaya), SMA Tri karya (SMPN 20 Surabaya), MA Maittaqu (MA Amanatul  Ummah), MA Mashobrul Ma’arif (MA Imam Syafi’i), SMK Puruhita Surabaya (SMKN 8 Surabaya), SMK AL Al Amin (SMK 10 Surabaya) dan SMK terpadu yang menggabung di (SMKN 8 Surabaya).

Rencananya, UNBK akan digelar dari hari ini (senin, 4/4) hingga selasa (12/4). Dengan mata pelajaran (mapel), bahasa Indonesia, kimia, matematika, biologi, fisika dan bahasa  Inggris (IPA). Untuk IPS mapel bahasa Indonesia, geografi, matematika, sosiologi, ekonomo dan bahasa Inggris. Sedangkan, SMK dengan mapel; bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris dan ujian kejuruan. Sementara untuk UNBK susulan SMK dilaksanakan  Senin (11/4) dan Selasa (12/4). Untuk SMA/MA  pada Senin (18/4) sampai Rabu (20/4).

Sampai berita ini diturunkan, Saiful memastikan tidak ada perubahan jadwal dari Kemendikbud. Hal itu juga diketahui dari jadwal kunjungan Gubernur Jatim, Soekarwo yang rencananya akan mendampingi Anies. Sidak dimulai pukul 06.00 di dua sekolah yang berada di wilayah Surabaya Utara, yaitu SMA Hang Tuah 1 dan SMAN 8 Surabaya.

Saiful Rachman memastikan bahwa seluruh sekolah di Surabaya sudah siap dengan UNBK. “Kabarnya sudah kondusif. Tidak ada masalah. Tinggal gebyarnya besok (hari ini,Red),” tegas Saiful.
Meski tidak menjadi faktor kelulusan, Saiful berharap seluruh siswa serius mengerjakan UN. Sebab, untuk SMA, UN dijadikan syarat kelulusan masuk ke PTN. Sedangkan untuk SMK dijadikan bahan pertimbangan masuk kerja.

Terkait dengan kebocoran kunci jawaban, Saiful memastikan bila kunci jawaban tersebut hoax alias tidak benar. “Tidak usah terpengaruh kunci-kunci itu. Percaya diri saja,” tandas dia. Apalagi, pihaknya sudah bekerjasama dengan pihal kepolisian untuk mengamankan ujian. “Pihak polda sudah mengembankan UNBK dengan tim cyber crime-nya, untuk UN tulis sudah ada pihak kepolisian yang juga mengamankan,” jelas dia.
Kadispendik Surabaya Ikhsan menambahkan kemarin (3/4) seluruh progtor (operator komputer) UNBK di semua sekolah sudah mengabarkan bila sinkronisasi sudah selesai. “100 persen sudah selesai. Tidak ada kendala,” jelas Ikhsan.

Dengan persiapan lebih dari sebulan mulai dari persiapan, pelatihan progtor dan teknisi, penyediaan sarana dan prasarana, serta simulasi dipastikan seluruh sekolah di Surabaya tak akan mengalami persoalan. “Yang ditakutkan biasanya log out tiba-tiba. Tapi, semua sarana sudah dipersiapkan cadangannya. Kalau ada kendala, langsung bisa ganti ke server lainnya,” jelas dia. Karena memang, selain server utama, seluruh penyelenggara UNBK menyediakan server cadangan. Satu server dapat manampung 40 siswa.  “Progtor-progtor bisa komunikasi dengan progtor dan tim puspendik. Jadi kalau ada kendala langsung ditangani. Insyaallah semuanya berjalan sukses. Untuk kebocoran juga tidak mungkin. Ini setiap siswa soalnya berbeda dan tidak sama.” pungkas dia.


 2.267 SISWA LB DAN KEJAR PAKET C YANG IKUT UN TULIS
Meski seluruh SMA/MA/SMK di Surabaya mengikuti UNBK, bukan berarti tidak ada naskah UN yang menyebar di Surabaya. Rinciannya yakni sebanyak 4 SMA LB dengan jumlah 10 siswa. Sedangkan ada 22 PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) dengan 2.257 peserta.
Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan (Kabid Dikmenjur) Dispendik Surabaya, Sudarminto menambahkan  untuk Surabaya, UN tulis di Surabaya hanya untuk SMA LB dan Ujian Paket C.
“Untuk SMA LB dan Ujian Paket C sulit untuk ikut berbasis komputer. SMA LB misalnya, mereka terkendala dengan fisik. Sedangkan, untuk kejar paket mayoritas dari mereka sudah tua. Juga ada yang muda, tapi sulit untuk mengumpulkan dan mengikuti uji coba,” jelas dia.  Sebab, beberapa peserta PKBM mayoritas sudah bekerja dan tidak sempat mengikuti simulasi UNBK.  Untuk SMA LB memang sulit untuk mengikuti UNBK, sebab seluruh siswa SMA LB memiliki kebatasan fisik.
Rinciannya yakni di SMA LB YPAB yakni terdiri dari lima siswa tuna netra. Di SMA LB Karya mulia ada dua siswa tuna rungu. Kemudian, SMA LB Among Asih dan SMA LB Siswa Budhi terdapat tiga siswa tuna rungu. “Yang pastinya kami berharap semua bisa mengikuti dengan lancar tanpa kendala,” pungkas dia.(han/no/raya) 

Share on Google Plus

About Arek Lumajang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar