Ubaya Ciptakan Perahu Elman Bertenaga Solar Cell

*) Kreasi Mahasiswa Elekto dan Manufaktur Ubaya

SURABAYA–Kini solar cell menjadi sumber energi yang patut diperhitungkan. Sebagai pembangkit listrik yang mampu mengkonversi sinar matahari menjadi arus listrik, sifatnya yang berkelanjutan serta jumlahnya yang sangat besar dapat menjadi salah satu alternatif sebagai bahan bakar kendaraan.


Melihat hal tersebut, kolaborasi empat mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) yang terdiri dari dua mahasiswa Jurusan Teknik Elektro dan dua mahasiswa Jurusan Teknik Manufaktur berhasil menciptakan prototype perahu Elman.

Prototype perahu bertenaga solar cell kreasi Reynaldi Johan, Ariel Valentino, Avid Christa Nugraha, dan Chandra Tantono ini dirancang dengan body yang menyerupai perahu-perahu yang ada di sungai. “Jadi Elman ini dibuat mirip seperti yang ada di sungai dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misal untuk perahu wisata. Di Surabaya kan banyak wisata sungai juga,” ujar Avid.


abd munir/raya
SOLAR CELL BOAT: Perahu Elman karya dua mahasiswa Jurusan Teknik Elektro dan dua mahasiswa Jurusan Teknik Manufaktur Ubaya diujicoba di kampusnya.


Dengan menggunakan 28 buah solar cell berukuran 5x5 cm, energi matahari yang terkumpul disimpan dalam baterai berkapasitas 7 kw. Tenaga listrik itulah yang akhirnya digunakan sebagai bahan bakar mesin untuk menggerakkan propeller pada Elman.

“Saat di-test speed, Elman mampu melaju sejauh 80 meter dengan waktu 52 detik,” jelas Reynaldi sambil mengetes perahu yang berhasil meraih juara tiga kategori solar boat di ajang kompetisi Marine Icon 2016 ini.

Selain menggunakan solar cell sebagai bahan bakar, dari segi penampilan Elman termasuk yang menjadi juara Best Design di kompetisi yang sama. Oleh Avid dan Chandra, desain perahu dengan ukuran 75 cm x 25 cm ini dibuat berbeda. Bentuk depan dibuat runcing dan di bagian lambungnya diberi garis-garis timbul agar dapat memecah air dengan baik.

“Untuk hal-hal yang berbau elektro kami yang bertugas, sedang untuk desain kapal kami serahkan pada Avid dan Chandra,” tutur Reynaldi dan Ariel. Mereka berharap Elman dapat segera direalisasikan dan sekaligus mampu mengedukasi bahwa solar cell mampu menjadi energi alternatif bagi masyarakat yang ingin memanfaatkannya. (rul/no)
Share on Google Plus

About Arek Lumajang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar