Warga Rangkah Berebut Gunungan Grebek Maulid

SURABAYA-Warga Kelurahan Rangkah Buntu, Kecamatan Tambaksari merayakan hari lahir Nabi Muhammad atau Maulid Nabi, Senin (12/12). Untuk memperingati hari besar tersebut, warga menyelenggarakan Kirab Grebeg Maulid. Mereka berkeliling kampung mengarak beberapa gunungan berisi buah, sayur, dan makanan ringan.


andy sam/raya
AYO TARIK: Warga berebut gunungan buah-buahan dalam Kirab Grebeg Maulid di Rangkah Buntuh, Surabaya, Senin (12/12/2016)

Kirab Grebeg Maulid itu berlangsung sejak pagi hingga sore hari. Sebagai pembuka acara, ada karnaval diiringi drum band. Masyarakat antusias memakai berbagai macam kostum. Ada yang berpakaian jubah putih, surban, dan menaiki kuda menggambarkan suasana Timur Tengah, di mana Nabi Muhammad dilahirkan.


andy sam/raya
LUMAYAN TIDAK USAH BELANJA: Warga berebut gunungan sayur mayur

Khairunnisa, salah satu murid Pondok Pesantren Miftahul Ulum yang hadir mengisi acara mengaku senang ketika melihat masyarakat berebut gunungan."Ini tradisi tahunan setiap merayakan muludan. Warga berebut gunungan sampai ada yang membawa tas resek untuk wadah," kata Nisa.

Perayaan Maulid Nabi di Desa Rangkah Buntu memang sudah ada sejak beberapa tahun silam. Selain untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad, Grebeg Maulid sekaligus menjaga silaturahmi antar umat Islam.

andy sam/raya
AYO SIAPA CEPAT PASTI DAPAT: Warga berebut gunungan snack.

Takmir Masjid Rangkah Buntu, Muad mengatakan, untuk perayaan Maulid tahun ini cukup meriah. Selain Grebeg Mualid, panitia juga menggelar sunat masal yang diikuti 53 anak. "Ini sekaligus menjadi bentuk kegembiraan atas hari kelahiran rasul kita. Kami yakin setiap kampung juga punya tradisi macam-macam. Tapi kami senang banyak yang berpartisipasi untuk tahun ini," kata Muad.

Muad mengajak tetangga kampung di luar warga Rangkah Buntu untuk ikut serta dalam kirab Grebeg Maulid. Tujuannya, agar warga kampung lain juga mengingat perayaan Maulid Nabi.(ima/no)
Share on Google Plus

About Arek Lumajang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar